2014
06.24

Here are the steps to create ASP.NET MVC 5 with Bootstrap Layout using Visual Studio 2012. Credit to Jose.M.Aguilar, which posted it at Campus MVP:

  1. Copy the project template zip file from Jose’s SkyDrive
  2. Paste it to %USERPROFILE%\Documents\Visual Studio 2012\Templates\ProjectTemplates\Visual C#\Web

After restarting Visual Studio you should see the new project template in the selection.

In case it doesn’t work

Unfortunately, above steps didn’t work for me. I suspected that my Visual Studio 2012 was looking at different folders for project templates. To find out, click Tools -> Options.

vs2012-tools

Apparently this was the case :) Now the template is available for selection when creating new Web Project.

vs2012-new-project

I hope it helps. Cheers!

Worth sharing, No?

  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Delicious
  • Digg
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
2014
05.24

Semalam kita bertiga, Papi, Mami dan Airen, mencoba menonton SUCI 4 show 13 di YouTube. Terpaksa nonton di YouTube karena Kamis malam kemarin kita kelewatan nonton gara-gara Airen baru persiapan tidur jam 9.45 malam. Walhasil, SUCI yang ditayangin di Kompas TV jam 10 malam harus dilewatkan. Maklum, saking sayangnya sama Mami Papinya, Airen kalo tidur harus ditemani kita berdua.

Anyway, Airen tidak terlalu menikmati SUCI. Maklum boss, masih 2.5 tahun :). Jadi anaknya rada rewel dan minta tontonan lain. Kebetulan di halaman YouTube terlihat video kartun iklan layanan masyarakatnya Pepsodent. Langsung deh Airen nunjuk-nunjuk, “Papi, Airen gak suka yang ini (nunjuk video SUCI yang masih loading). Airen mau nonton yang ini (nunjuk ke video kartun Pepsodent)”.

Okelah, kita turuti. Namanya juga sayang anak. Siapa tahu bisa mengurangi kerewelan Airen ketika sikat gigi setiap malam sebelum tidur. Ini nih videonya:

Bagus kan pesannya? Apalagi Airen bisa melihat bagaimana para kuman menggerogoti gigi. Langsung deh kita tambahin, “Tuh kan, Airen. Setiap malam sebelum tidur harus sikat gigi. Biar giginya tidak sakit.” Tapi ternyata videonya ganti fokus ke orang tua. Videonya menyebutkan kalau ternyata dari semua orang tua rajin yang menyuruh anaknya sikat gigi setiap malam, ternyata 79% dari para orang tua ini malah tidak sikat gigi sebelum tidur. Nah ini fokus Pepsodent ternyata lebih ke mengajak anak bagaimana caranya bisa mengingatkan orang tuanya untuk sikat gigi.

Ok sih, masih bisa diterima. Oh ya, ternyata video ini bagian dari sebuah playlist. Berikut video kedua yang otomatis diputar:

Gawattt… Ini kalo orang tuanya jantungan bisa copot ini jantung. Untung deh Papi dan Mami tidak jantungan, dan kita tidak punya peluit di rumah. Abis itu, video ini yang otomatis diputar:

Walahhh… ini kok kurang ajar pakai acara mengadu ke nenek. Trus sang nenek memarahi orang tua agar sikat gigi sebelum tidur. Untung deh neneknya Airen tidak tinggal serumah … hehehe :). Abis itu video-video yang diputar semakin parah:

Hancurrr.. masak anak bisa mengendap-endap trus masuk ke kamar orang tua, trus membangunkan paksa orang tua agar sikat gigi dengan menyanyi keras-keras pakai gitar, pakai kentongan ala ronda malam, dan ngagetin orang tua dengan kostum kuman gigi. Ini sangat-sangat berbahaya. Iya kalo orang tuanya lagi tidur, lah kalo orang tuanya pas lagi “gak tidur” gimana dong? Kebayang gak sih, pas lagi “asyik” tiba-tiba si anak muncul sambil teriak “Mami Papi, sudah sikat gigi belooommm? Loh Papi sama Mami lagi ngapaiiinnnn? *histeris* “. Bisa-bisa bikin tuh bocah trauma ini.

Jadi gimana dong? Menurutku ada dua hal yang harus dilakukan orang tua:

  1. Sikat gigi bareng. Ketika anak sikat gigi, orang tua harus ikut sikat gigi bersama si anak. Jadi si anak tidak perlu lagi mengingatkan orang tua untuk sikat gigi.
  2. Ketika orang tua tidur, kuncilah pintu kamar. Kalo perlu pintu kamar orang tua dipasang gerendel, gembok, dan kunci magnet. :P

Hehehe.. Demikian. I hope it helps, cheers!

Worth sharing, No?

  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Delicious
  • Digg
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
2014
05.23

How to Force Html Column to Wrap

Today I learned something simple. I apparently didn’t know how to make force a column in a table to wrap its text content. Naturally, a column will wrap if the text contains space. But what happen if the text is simply too long, and you don’t want to manually insert hyphens?

Below is the example of a table with a column that didn’t wrap because it contains a very long word.

Long Text example: Lorem_ipsum_dolor_sit_amet,_consectetur_adipisicing_elit,_sed_do_eiusmod_tempor.Short Text

Source:

<table style="width:400px;">
<tr>
<td style="width:200px;">Long Text example: Lorem_ipsum_dolor_sit_amet,_consectetur_adipisicing_elit,_sed_do_eiusmod_tempor.</td>
<td style="width:200px;">Short Text</td>
</table>

After googling it, apparently this problem can be solved with CSS. Here’s how to do it.

<style type="text/css">
table.tableWrap
{
  table-layout:fixed;
}
.tableWrap td
{
   white-space:normal;
   word-wrap:break-word;
}
</style>
<table style="width:400px;" class="tableWrap">
<tr>
<td style="width:200px;">Long Text example: Lorem_ipsum_dolor_sit_amet,_consectetur_adipisicing_elit,_sed_do_eiusmod_tempor.</td>
<td style="width:200px;">Short Text</td>
</table>

Below is the result.

Long Text example: Lorem_ipsum_dolor_sit_amet,_consectetur_adipisicing_elit,_sed_do_eiusmod_tempor.Short Text

I hope it helps, cheers!

Worth sharing, No?

  • Facebook
  • Twitter
  • Google
  • Delicious
  • Digg
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS