2015
03.26

Aquaponik

14278716685190Di kantor kami ada sebuah kolam kecil di samping kantor. Ada lumayan banyak ikan hias kecil-kecil yang hidup di kolam itu.

Dulu kolam ini dibiarkan begitu saja. Banyak sekali ganggang (algae) yang tumbuh membuat air kolam keruh. Pernah sesekali kolam itu dibersihkan, tapi ganggangnya tumbuh dengan cepat dalam hitungan hari. Akhirnya tukang kebun kita menyerah dan tidak membersihkan lagi.

Sebulan yang lalu, tukang kebun yang lama resign. Tidak lama kemudian kita sudah dapat tukang kebun baru. Nah tukang kebun yang baru ini ternyata senang dengan kolam ikan. Melihat kolam yang tidak terawat, dia mengajukan usulan untuk menata kolam menjadi lebih cantik. Gayung bersambut, pihak manajemen juga senang kalau kolamnya menjadi bagus. Walhasil, beberapa minggu terakhir kolam ditata dengan rapi. Pompa air untuk mengatur sirkulasi juga dipasang. Kolam ikan ini sekarang juga dilengkapi filter air untuk menjaga kualitas air tetap bersih.

Nah, ketika aku melihat proses instalasi filter air ini aku jadi terpikir suatu ide. Kebetulan di samping rumah di Mojowarno ada halaman yang cukup lebar. Aku membayangkan membuat kolam di situ. Trus untuk menyaring air, air dari kolam akan dipompa dan dialirkan ke kebun sayur. Dengan begitu kotoran dan sisa pakan ikan akan tersangkut di kebun dan air bersih dialirkan kembali ke kolam. Dengan demikian kita bisa mempunyai kolam ikan, sekaligus kebun sayur yang subur.

Oh ya ide saya tadi hanyalah ide kasar hasil angan-angan. Tadi malam iseng-iseng di YouTube saya menemukan sesuatu. Ternyata ide saya sudah ada yang mengimplementasi! 😀

GD Star Rating
loading...
Aquaponik, 3.0 out of 5 based on 1 rating
Worth sharing ?

Incoming Search Term

Advertise Here

 

No Comment

Add Your Comment