browse by category or date

Di postingan kemarin, saya menyinggung soal metode Glenn Doman. Sekilas, yang saya tahu soal metode ini adalah:

  1. Metode untuk mengajar membaca ke anak balita (mungkin malah batita)
  2. Metode ini berasal dari US
  3. Salah satu praktisi yang terkenal di Indonesia adalah Ibu Irene F. Morang

Seperti biasa, kita minta petunjuk ke Mbah Google. Dengan kata kunci “Glenn Doman”, tautan pertama langsung menuju ke website www.iahp.com (The Institutes for the Achievement of Human Potential). Di web ini ternyata ada halaman dikhususkan untuk Bapak Glenn Doman.

Almarhum Glenn Doman

Glenn Doman mendirikan The Institutes for the Achievement of Human Potential. Institusi ini sudah membantu orang tua dari berbagai benua lebih dari setengah abad. Agak sulit untuk menentukan apakah beliau dan institusi ini lebih terkenal karena memulai metode penyembuhan untuk anak-anak yang mengalami cidera otak, atau lebih terkenal karena metode pengembangan otak sejak dini untuk anak-anak.

Beliau sudah menangani secara langsung lebih dari 25 ribu keluarga dalam kurun 50 tahun terakhir. Beliau juga menginspirasi jutaan keluarga lain melalui buku “What To Do About Your Brain-Injured Child“, dan seri buku mutakhir “Gentle Revolution” yang mengajari para orang tua bagaimana memberi stimulasi dan mendidik bayi-bayi mereka di rumah.

Wah beliau terkenal karena pekerjaan mulia yaitu membantu anak-anak yang mengalami cidera otak. Beliau juga terkenal karena menciptakan buku-buku mengenai penanganan cidera otak pada anak, juga buku-buku mengenai pendidikan usia dini pada anak.

Langsung deh cek Amazon 😀 Wah banyak sekali bukunya coy..

Dari semua buku diatas, sepertinya buku ini yang dijadikan acuan oleh Ibu Irene.

Kira-kira apa ya isinya buku ini? Untuk itu saya melihat komentar-komentar negatif dari para pembeli buku ini. Kenapa komentar negatif? Karena pasti mereka sudah membaca, sudah mempraktekkan, tetapi tidak berhasil 😀

Buku ini bagus karena memberikan informasi yang bagus mengenai perkembangan kecerdasan anak. Buku ini juga mengajari orang tua untuk menyisihkan waktu untuk bonding dengan anak mereka. Buku ini juga sangat bagus untuk para orang tua baru karena akan membantu para orang tua untuk menyiapkan diri dalam pendidikan anak usia dini. Masalahnya, metode yang digunakan di sini tidak terlalu praktis, terutama dalam menyiapkan kartu-kartu bacaan. Tapi dari buku ini saya menjadi sadar untuk rajin mengulang dalam mengajar. Dengan sering mengulang-ulang kata yang sama ke bayi, mereka akan cepat bisa meniru/mengucapkan kata tersebut.

Kesimpulan Sementara

Setelah membaca banyak komentar-komentar baik positif maupun negatif, saya menarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Metode Glenn Doman memerlukan waktu yang cukup banyak dan harus konsisten setiap hari. Mungkin cocok jika jika hanya mempunyai anak semata wayang, tapi menjadi cukup berat ketika ada lebih dari satu anak yang harus ditangani Ibu.
  2. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan “Flash Card”. Jadi lebih ke bagaimana anak bisa melihat dan mengingat bentuk suatu huruf/kata.
  3. Orang tua membuat proses belajar menyenangkan. Karena sudah terjadi contoh dimana anak bisa membaca, tapi jadi benci membaca

Insya Allah nanti saya akan mengulas lebih dalam metode Glenn Doman setelah saya membaca bukunya. 😀

Semoga membantu,

Wassalamualaikum

GD Star Rating
loading...
Mengenal Metode Glenn Doman, 3.0 out of 5 based on 1 rating

Possibly relevant:

About Hardono

Howdy! I'm Hardono. I am working as a Software Developer. I am working mostly in Windows, dealing with .NET, conversing in C#. But I know a bit of Linux, mainly because I need to keep this blog operational. I've been working in Logistics/Transport industry for more than 11 years.

Incoming Search

indonesia, parenting

No Comment

Add Your Comment